Minggu, 24 Maret 2013

Guru SMPN Unggul Sigli Mengikuti Pelatihan Fasilitator USAID Prioritas


Empat guru SMP negeri Unggul Sigli mengikuti pelatihan sebagai Fasilitator Daerah di banda Aceh,  diantaranya, Syahfawi, S.Pd. Cut Relina, M.Pd. Zulfinar, S.PdI.M.Edst dan Sukiarni, M.Pd, untuk mengikuti pelatihan mulai dari tanggal 22 s/d 29 maret  di Hotel The Pade Aceh.
Mereka akan dibekali ilmu Intruktur menjadi fasilitator yang  baik dalam bidang Pendidikan di Aceh, Pidie pada khususnya. Acara ini di ikuti oleh tujuh Kabupaten Kota di Aceh anatar lain meliputi Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Aceh Jaya
setelah selesai mereka akan menjadi Fasilitator di Kabupaten Pidie, untuk mendidik dan memberikan pelatihan kepada Guru di Kabupaten Pidie dalam mata pelajaran IPS, Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia . 
dalam acara tersebut yang dibuka oleh Kepala Kanwik Kenkemenag Aceh, dan juga dihadiri oleh USAID Prioritas Jakarta dan Coorninator Aceh Bapak Ridwan Ibrahim.

Progran USAID PRIORITAS akan bekerja sama dengan LPTK, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), dan lembaga-lembaga pelatihan atau penjaminan mutu lainnya, yang relevan untuk meningkatkan kualitas manajemen dan pembelajaran di sekolah-sekolah di daerah mitra. Kegiatan utamanya:
  • Mengembangkan kemampuan fasilitator daerah untuk melatih pengawas, kepala sekolah, dan guru dalam hal metode pembelajaran, manajemen, dan tata kelola.
  • Meningkatkan kemampuan pengawas, kepala sekolah, guru, dan komite sekolah melalui kunjungan sekolah, pelatihan, kegiatan gugus sekolah, dan pendampingan di sekolah oleh fasilitator daerah.
Dalam meningkatkan kualitas sekolah, USAID PRIORITAS menggunakan pendekatan “pengembangan sekolah secara menyeluruh” yang berarti bahwa:
  • Semua warga sekolah akan terlibat: guru, kepala sekolah, masyarakat, dan siswa.
  • Semua aspek pengembangan sekolah akan ditangani, termasuk praktik-praktik pendidikan yang baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah, dan partisipasi masyarakat.
 Program ini akan bekerja sama juga dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan IAIN Ar Raniry di Banda Aceh untuk mendukung program pendidikan guru yang berkualitas baik pra maupun dalam jabatan. Selanjutnya, USAID Prioritas akan meningkatkan kemampuan kabupaten/kota dan tenaga kependidikan di sekolah dalam bidang manajemen pendidikan, analisis keuangan, dan tata kelola.

Program USAID Prioritas secara langsung akan memberikan manfaat kepada lebih dari 300.000 siswa Indonesia di 10 provinsi seperti di Jawa Barat, Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar