Selasa, 03 Juli 2012

DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH

CUT RELINA S.Pd. M.Pd
Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMP Negeri Unggul Sigli,Mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah diBanda Aceh


Era Baru Test Calon Kepala Sekolah Di Kabupaten Pidie yang Patut Diacungkan Jempol

Untuk mengikuti test Calon Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Pidie pada era tahun 2012 ini ada sebuah perubahan besar yang patut diapresiasi. Perubahan itu terutama dalam test penulisan makalah tema kepemimpinan yang dulu bisa disiapkan di rumah, kemudian dipresentasikan melalui penyajian power point, kini diubah tata caranya. Para calon kepala sekolah wajib menulis langsung makalah tema kepemimpinannya di ruangan test dalam batas waktu yang sudah ditentukan oleh panitia tes. Makalah tersebut harus ditulis tangan di kertas polio bergaris dengan tulisan cetak. Tidak tanggung-tanggung, jumlah halaman minimalnya adalah 8 halam.
Langkah ini mengindikasikan bahwa setiap guru dan kepala sekolah SMP wajib memiliki kemampuan menyampaikan ide, pendapat, dan gagasan ilmiahnya dalam bentuk tulisan. Guru wajib mengusai cara-cara menyampaikan ide, pendapat, dan gagasannya melalui tulisan. Guru dan menulis sudah selayaknya menjadi dua sisi mata uang logam yang tidak dapat dipisahkan. Salah seorang Guru yang mengikuti Calon Kepala Sekolah tersebut adalah Cut Relina S,Pd. M.Pd. beliau memilih judul makalahnya “ Kemampuan meningkatkan Kompetensi Guru SMP Negeri Unggul Sigli”. beliau siap membuat dengan baik dalam waktu yang sudah ditentukan. Dan akhirnya Beliau dinyatakan Lulus dan berhak untuk mengikuti Diklat yang dilaksanakan Oleh LPMP Aceh.

Sekitar 40 Orang  guru di Pidie dan Aceh Besar akan mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat)  program piloting persiapan kepala sekolah (KepseK) tahun 2012. Program ini digelar oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Aceh. Diklat Berlangsung Tanggal 25 Juni s/d 2 Juli 2012 di LPMP AcehPara guru tersebut berasal dari 2 Kabupaten yang tersebar di Aceh, di mana setiap Kabupaten/kota akan mengirim 20, termasuk Kab Pidie Sigli, mengirimkan peserta, salah seorang berasal dari SMP Negeri Unggul Sigli yaitu, Cut Relina S.Pd.M.Pd.
Sesuai dengan UU Sisdiknas persyaratan menjadi Kepala sekolah mulai digodok sesuai dengan tuntutan Undang-undang. Untuk itu pihak LPMP melakukan pelatihan bagi Calon Kepala Sekolah, yang mana 20 orang Calon Kepala Sekolah dari Sigli,  yang sebelumnya sudah Lulus tahap pertama di Kabupaten Pidie.  Setelah Pelatihan calon Kepala sekolah harus mengikuti Diklat berlapis itu meliputi Inservice Learning 1 dan Inservice Learning 2. Dalam Diklat ini mereka akan mengikuti magang selama 200 jam. 150 jam magang pada sekolah masing-masing dan sisanya 50 jam magang di sekolah lain. Setelah itu menyusun portofolio dan dipresentasikan.“Setelah melalui tahapan-tahapan ini, mereka akan mendapat dua sertifikat sekaligus. Yaitu, sertifikat tanda tamat pendidikan dan pelatihan dan sertifikat yang wajib dimiliki oleh kepala sekolah pada tahun 2013 mendatang,”


Dari berbagai Sumber



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar